senahoynevets

Berpikir Kiri, Bertindak Kanan

Mengapa politik menjadi penting untuk pemuda ?

leave a comment »

 

Politik adalah sebuah elemen vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, elemen vital yang memiliki fungsi sebagai medium untuk mencapai tujuan. Dalam konteks Indonesia tujuan berbangsa dan bernegara yang harus dicapai melalui politik adalah tujuan yang tersirat dalam pembukaan UUD 1945. Karena elemen vital inilah membuat politik kemudian menjadi bagian dari setiap warga Negara Indonesia, dimana di dalamnya terdapat pemuda. “pemuda” mendorong intepretasi nalar sebagai sebuah pemahaman akan rujukan konsep demografis dan sosiologis untuk menyatakan warga Negara yang berusia 18 tahun sampai 40 tahun. Konteks politik dan pemuda Indonesia adalah sebuah hal interdepedensi sosial, artinya peranan politik kepada pemuda selalu menjadi penting dan peranan pemuda kepada politik juga sama pentingnya. Oleh karena itu penjelasan akan pentingnya politik bagi pemuda menjadi menarik melalui analisis historis atau sejarah.

Sejarah panjang pemuda dengan politik dan sebaliknya di Indonesia membuktikan bahwa peran dua interdepedensi ini menjadi penting. Analisis sejarah untuk mengetahui mengapa politik menjadi penting untuk pemuda akan di bagi menjadi tiga periode yang penting dan memiliki arti sendiri bagi pemuda, khususnya pada amsa saat ini. Periode tersebut adalah periode 1908, periode 1928 dan periode 1945.

Periode 1908 dikenal sebagai periode kebangkitan bangsa Indonesia, dan harus diakui bahwa yang memulai kebangkitan nasional Negara ini dimulai dari golongan terpelajar yang mulai tidak suka akan tindakan eksploitasi dan kolonial dimana bagian terbesar dari golongan terpelajar tersebut adalah para pemuda ! politik kemudian menjadi penting bagi para golongan terpelajar yang ada untuk mencapai sebuah kebebasan bangsa ini. Refleksi dari periode 1908 dapat menjadi sebuah pijakan penting bagi sebuah tanda bahwa pemuda Indonesia bahwa politik menjadi penting untuk dan mengambil bagian dari pemuda sebagai candu kebangkitan dari keterpurukan.

Periode 1928, dikenal dengan periode persatuan nasional, semangat untuk menjadi satu baik dari bahasa, bangsa dan tumpah darah. Kesamaan yang kemudian di deklarasi sebagai sumpah pemuda, sekali lagi pemuda yang mendorong persatuan, artinya pemuda kembali mengambil tindakan penting bagi perjalanan bangsa dan Negara, meskipun tindakan ini tidak terlalu bersifat politis pada masa itu tetapi dampak politis dari apa yang terjadi 28 oktober 1928 adalah persatuan ! sekali lagi, politik menjadi penting bagi pemuda Indonesia sebagai candu pemersatu bangsa pada saat keadaan bangsa yang terpecah belah, dan hal itu harus menjadi sebuah kesadaran kolektif bagi pemuda Indonesia masa kita betapa pentingnya persatuan.

Periode yang menjadi momentum paling penting bagi pemuda adalah periode 1945. Analisis sejarah mengenai peran politik yang penting bagi pemuda dapat dijelaskan dengan bermacam contoh, tapi penekanan periode 1945 adalah lebih kepada bagaimana usaha golongan pemuda Indonesia pada saat itu adalah bagian dari pemicu kemerdekaan, heroisme pengamanan Soekarno yang dilakukan pemuda pada malam sebelum kemerdekaan adalah sebuah sejarah yang bersifat politis (karena mempengaruhi kemerdekaan dan perjalanan bangsa Indonesia) dan mengandung arti yang sangat relevan dengan keadaan pemuda masa kini untuk mejelaskan mengapa politik menjadi penting untuk mereka. Jawaban sederhana adalah karena pemuda Indonesia memiliki konsep, mau berjuang dan bekerja sama dengan golongan tua untuk mencapai kemerdekaan. Dalam abstrak pembukaan dijelaskan bahwa politik adalah sebuah medium (alat) untuk mencapai sebuah tujuan. Dalam periode 1945, politik digunakan oleh pemuda sebagai alat untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Tetapi relevansi konkret dari analisis sejarah periode 1945 adalah bahwa pemuda selalu ingin ikut menjadi bagian dalam mencapai tujuan Negara. Pemuda ingin menggunakan politik sebagai alat kebangkitan, alat persatuan dan alat kemenangan bagi bangsa dan Negara ini.

Analisis sejarah yang digunakan memang tidak mewakili secara koheren dan komprehensif akan apa yang menjadi alasan pemuda menjadi penting untuk poltik dan politik menjadi penting untuk pemuda Indonesia. Namun, tiga periode penting perjalanan bangsa Indonesia yang telah dijelaskan dapat dikatakan relevan apabila melihat arti dibalik fakta sejarah tersebut dengan masa kini. Bahwa pemuda menganggap politik menjadi bagian penting dalam menjalankan peranannya di tengah masyarakat mecapai tujuan Negara dan ikut berpartisipasi dalam kemajuan bangsa. Bangkit, bersatu dan menjadi pemenang.

Written by polhaupessy

Februari 13, 2013 pada 3:36 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: