senahoynevets

Berpikir Kiri, Bertindak Kanan

Peace Begins With Smile: Jakarta !

leave a comment »

 

Flying Hopes !

Ratusan kertas bergelantung yang berisi harapan dari warga Jakarta dalam perayaan Ulang Tahun Jakarta ke-487

 

Selamat Ulang tahun Kota Jakarta ke-487 !

 

22 Juni adalah salah satu hari penting bagi Jakarta dan 10 juta warga yang mendiaminya. Tidak ada yang terkesan “wah” dalam perayaan ulang tahun Jakarta. Di balik kemacetan, genangan air, banjir, pembangunan MRT yang masih berlangsung maupun gegap gempita politik metropolitan karena Gubernur kesayangan warganya menjadi Capres, perayaan ulang tahun tetap berlangsung semarak. Intinya, Pesta Rakyat tetap berlangsung dengan harmonis. Warga Jakarta seakan diajak untuk melupakan permasalahan kota yang telah mereka jadikan acuan untuk berjuang hidup. Pesta Rakyat mengajak kembali masyarakatnya untuk mencintai kotanya.

Ada harapan dan mimpi yang diinginkan oleh semua masyarakat untuk Jakarta yang lebih baik lagi. Sebagai pusat Pemerintahan sekaligus Ibukota Negara, Jakarta adalah cerminan sederhana yang menggambarkan Indonesia. Etiket baik pemerintah yang ingin memajukan Jakarta tidak hanya semata-mata harus disambut baik oleh setiap warganya, namun yang lebih penting adalah ikut berpartisipasi aktif dan kritis dalam setiap upaya yang dilakukan oleh pemerintahnya.

Sebuah harapan yang muncul secara pribadi bagi kota Jakarta adalah sederhana: “Usahakanlah kesejahteraan bagi kota dimana kamu berdiam, karena kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu juga”.

Arti harapan itu sederhana saja. Semua warga dari segala elemen harus bersatu padu untuk mensejahterakan kota, bukan mengumpat oleh keadaan yang ada, apalagi merasa tidak perduli lagi atau lepas tangan seakan-akan keadaan kota baik-baik saja. Mulailah dengan hal-hal kecil dan sederhana yang berdampak besar: Tersenyum.  Kearifan lokal warga Jakarta yang hangat, ramah dan akrab melalui senyuman mereka sudah sangat sulit ditemukan sekarang. Senyum di kota Jakarta bukanlah lagi lambang bahwa warga Jakarta adalah individu-individu yang bahagia. Bahkan seringkali, senyum diartikan oleh Jakarta sebagai permulaan kriminalitas. Padahal penelitian membuktikan bahwa senyuman membantu menghilangkan stress dan menyehatkan jantung. Bukankah hal itu dibutuhkan oleh 10 juta warga kota ditengah keramaian kota?

Mulailah tersenyum bagi Jakarta, tidak perduli kita terjebak dalam kemacetan, hujan deras dan banjir, menanti MRT yang masih dibangun, maupun memiliki (Plt) Gubernur yang jarang tersenyum.

Bangunlah kembali kota Jakarta yang penuh senyum, penuh keramahan dan keakraban, penuh kebahagiaan. Bunda Teresa juga pernah berkata “Peace Begins with Smile”, Tersenyumlah untuk Jakarta, Niscaya senyuman akan membuat kotamu lebih damai dan sejahtera.

 

 

Written by polhaupessy

Juni 23, 2014 pada 5:10 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: